Jurnalistik Online: Gelombang Baru Informasi Masa

Jurnalistik Online (Ju-On), merupakan jurnalistik baru ditengah masyarakat kini. Kehadirannya memang menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan informasi. Dalam komunikasi Massa, Jurnalistik Online bisa dikategorikan pada media baru (new media). Media baru (new media) merupakan media elektronik (biasanya merupakan teknologi yang berbasis computer), seperti internet, e-mail dan kabel digital.

Semakin berkembangnya Jurnalistik Online (Ju-On), berdampak pada makin gemarnya warga untuk menjadi seorang pewarta (citizen Journalis). Mereka menulis memanfaatkan, misal: Blog atau media social lainnya yang dimana karya jurnalistik mereka bisa menambah informasi. Tapi masih adanya pro dan kontra terkait apakah Jurnalistik Online (Ju-On)masuk kepada pengertian Pers dalam arti luas (meliputi media elektronik: Radio dan Televisi) masih menjadi bahan perdebatan. Sebab, media yang digunakan oleh Jurnalistik Online (Ju-On)adalah ranah internet yang dimana lembaganya masih dipertanyakan (dalam arti) tidak semua user (pengguna) melembaga.

Terlepas dari pro dan kontra yang ada, Jurnalistik Online (Ju-On) tetaplah pilar penting memperkaya arus informasi. Tentu dengan informasi yang cepat, tepat, akurat, dan berimbang. Dan masyarakat utamanya diarahkan untuk melek media dan informasi , terutama diajak untuk menjadi seorang pewarta professional. (Nandar Sunandar, Jurnalistik 6 B, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Reference: West,Richard.,Lynn H. Turner, 2009, Pengantar Teori Komunikasi:Analisis dan Aplikasi. Salemba Humanika: Jakarta

Related Post



Posting Komentar